Anjuran dan Ganjaran Berqurban

Bookmark and Share
Anjuran dan Ganjaran Berqurban
Adapun untuk anjuran berqurban adalah sebagaimana dalam al quran disebutkan

“Maka dirikanlah Shalat karena Tuhanmu dan berqurbanlah”. (QS.Al Kautsar:2)

“Nabi Saw bersabda: Barang siapa yang mempunyai keluasan rejeki lalu tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat kami”. (HR.Ibnu Majah)

“Wahai manusia (ketahuilah) bahwa WAJIB atas setiap keluarga berqurban setiap tahunnya”. (HR.Tarmidzi, Abu Dawud)“Daging-daging dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridloan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya”. (Al Hajj : 37)

Hadits Al-Bara` bin ‘Azib ra, Rasulullah Saw bersabda:

 مَنْ صَلَّى صَلاَتَنَا وَنَسَكَ نُسُكَنَا فَقَدْ أَصَابَ النُّسُكَ وَمَنْ ذَبَحَ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ فَلْيُعِدْ مَكَانَهَا أُخْرَى 

“Barangsiapa yang shalat seperti shalat kami dan menyembelih hewan qurban seperti kami (sesuai Sunnah Nabi Saw), maka telah benar qurbannya. Dan barangsiapa yang menyembelih sebelum shalat maka hendaklah dia menggantinya dengan yang lain”. (HR. Bukhari no. 5563 dan Muslim no. 1553)

Adapun untuk ganjaran bagi orang yang melakukan qurban adalah sebagai berikut

Zaid bin Arqom bertanya, “Ya Rasulullah apa yang kita peroleh dari berqurban?.” Rasulullah menjawab, “Sesungguhnya pada setiap bulu yang menempel dikulitnya terdapat kebaikan”. (HR.Ibnu Majah, Ahmad)

“Tidak ada suatu amal anak Adam pada hari raya Qurban yang lebih dicintai Allah selain menyembelih qurban”. (HR. At Tirmidzi)

wallahu'alam

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar